Ticker

6/recent/ticker-posts

Mengupas Makna Monumen, Material dan Filosofi Hasil Pemenang Lomba Monumen SH Terate 2022

PSHT PESISIR BARAT.COM – Inilah pemenang lomba Desain Monumen Satu Abad “TERATE EMAS” Persaudaraan Setia Hati Terate tahun 2022. Sayembara ini digelar dalam rangka menyambut Peringatan 100 tahun Persaudaraan Setia Hati Terate untuk Dunia. Kegiatan ini telah digilar di Pendopo Aggung Graha Wira Tama, Jl. Merak No. 10 Nambangan Kidul Kecamatan Manguharjo Kota Madiun, Kamis (10/2/2022).

BOLA DUNIA , Menyaratkan harapan tertinggi kehadiran SH Terate untuk membangun dunia yang lebih baik melalui ajaran budi luhur pencak silat. Bola dunia sebagai elemen kinetic yang dapat berputar menjadi perwujudan semboyan, “Selama mataharai masih bersinar, selama bumi masih dihuni manusia, selama itu pula SH Terate tetap kekal, Abadi, Jaya Selama Lamanya”.Rangka bola tembus pandang membuat pengunjung dapat melihat langit, juga sebagai metaphor hubungan manusia dengan Sang Pencipta.

BUNGA TERATE EMAS, Representasi lambang SH Terate. Bunga Terate dapat hidup di darat dan air, melambangkan ketahanan, dan kemampuan beradaptasi di manapun ia berada. Warna Emas digunakan sebagai lambang usia 100 tahun.

TAMPAH, Perkakas tradisiaonal jawa yang memiliki banyak fungsi. Filosofi tampah adalah untuk menerima apapun pemberian ilahi, tanpa tampah menjadi ‘wadah’ tempat tumbuh terate emas serata mengalirkan air. Bentuk bulat mewakili karakter warga SH Terate yang sederhana serta kebulatan tekad.

AIR TERJUN, Air terjun yang mengalir menyiratkan harapan bahwa ilmu SH Terate dapat terus memberi guna dan manfaat untuk kehidupan. Elemen air secara visual dan suara memberikan ketenangan serta berfungsi sebagai peredam panas area tampah.

EMPAT TANGAN MENGEPAl / MENYANGGA, tangan dengan posisi mengepal / menyangga keluar dari bebatuan untuk menggengam tampah, menggambarkan semangat kebersamaan untuk mencapai visi. Berjumlah 4 tangan yang masing – masing merupakan representasi pilar wawasan kebangsaan : Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

LAMBANG PERSAUDARAAN SETIA HATI TERATE, lambang di letakkan di bawah, sebab SH Terate adalah dasaran kokoh yang menyatukan seluruh warga. Elevasi lambang setinggi kepala pengunjung, menyiratkan bahwa SH Terate adalah Organisasi yang dekat dengan masyarakat, mementingkan hubungan Antara manusia. Lambang yang tertutup selubung air tipis namun bersianr, artinya SH Terate akan selalu mementingkan sifat rendah hati untuk pengabdian.

PEDISTAL : BATU, Tatanan batu alam, menggambarkan manusia harus punya tekad kuat dan mampu melewati perjuangan sulit sebelum akhirnya mencapai tujuan yang diinginkan.

KOLAM TERATE, Representasi bentang alam berupa laut yang menyediakan sumber kehidupan.

GALERI SEJARAH SH TERATE, bagian pinggir kolam, dirancang menjadi galeri yang memuat informasi mengenai sejarah organisasi mualai dari awal berdiri hingga sekarang, sehingga tugu juga berfungsi sebagai penarik pengunjung untuk mengingat, mengapresiasi dan mengenal lebih dekat sejarah SH Terate.

GALERI LEMAH NUSANTARA, Berupa taman dengan tanah yang berasal dari 340 Cabang SH Terate di Indonesia, melambangkan kebhinekaan nusantara yang disatukan dalam satu nanguan SH Terate. Setiap tanah di beri lebel sehingga pengunjung bisa melihat keunikan karakteristik tanah tiap daerah.

GEOMETRIK SEGILIMA, bentuk segilima sebagai dasar tugu berdasarkan panca dasar ajaran SH Terate meliputi Persaudaraan, Olahraga, Bela Diri, Seni Dan Kerohanian Serta 5 Watak Insan SH Terate. Ukuran dia meter 9 meter mewakili Dewan Pusat. 

Posting Komentar

0 Komentar